45 Thedes (Kerajaan-Bagian) di Federasi Imperium Tharsis (Bagian I)

Kerajaan-planet Imperium Tharsis meraih kemerdekaan dari penjajahan Bangsa Andrens dari Zeta Reticuli pada tahun 7975 sebelum Periode Tahun Khamrel. Kini di tahun 3845 Khamrel, usia kerajaan federasi ini lebih dari sepuluh milenium. Periode tahun 6000-700 sebelum Khamrel adalah periode di mana banyak kerajaan di Planet Origophyta berintegrasi ke dalam kerajaan federasi. Pada awalnya, Imperium Tharsis adalah gabungan dari sembilan kerajaan besar yakni Neva Ordusi, Euchatelops, Khronterin, Sansitenna, Akleda (blok Alinalikus), Sycostra, Sakhor, Patramuti dan Hikera. Sembilan kerajaan besar ini masih berdiri hingga kini.

Pada mulanya ada lebih dari seratus kerajaan kecil di kedua benua Origophyta. Ketika invasi Andrens memuncak pada milenium kesebelas sebelum Khamrel, kerajaan-kerajaan tersebut membentuk blok yang lebih besar. Ketika Imperium Tharsis dibentuk oleh Ganistrat Arestrosparta I segera setelah Perang Wallaja berakhir pada 7400 tahun sebelum Khamrel, tiga blok masih berkuasa di Alinalikus dan lima di Plantocene. Pada masa resesi dan badai sepuluh tahun akibat meletusnya Gunung Dranda pada 5870 sebelum khamrel, blok-blok kerajaan menjadi pecah-belah menjadi 45 negara kerajaan.

Arestrosparta I menggagas pembentukan Federasi Imperium Tharsis bagi semua kerajaan di Origophyta, mengingat semua Oriman di planet itu berasal dari saru leluhur yang sama dan satu perjuangan. Setelah gagasan itu dicetuskan dalam rapat besar di Neva Ordusi, kerajaan-kerajaan mulai menyatukan diri di bawah bendera federasi.

Kini ada 45 negara kerajaan bagian di Imperium Tharsis. Dalam bendera federasi, Narmani Athon, semua kerajaan bagian itu dilambangkan dengan 45 pancaran sinar matahari Apholen keemasan.

Imperium Tharsis berpusat di Lantosius-espa, di kerajaan-bagian Sansitenna, Benua Alinalikus timur.  Tahun 120 sebelum Khamrel, Raja Lithonathus Armel (pengganti Arestrosparta I) menetapkan lima pusat pemerintahan dan sekretariat federasi. Lima kota strategis yakni Lantosius, Khaundranima, Pistoria, Midde Jenta dan Naksa dipilih menjadi pusat-pusat pemerintahan. Empat puluh lima kerajaan-bagian (thedes) dikelompokkan dalam lima blok (parsava). Raja menugasi lima heim-thedrian untuk menjalankan pemerintahan parsava. Kelima blok atau parsava itu adalah Kharntheous-parsava (Blok Kharntheous) berpusat di Lantosius, Ionn-bitar-parsava (Blok Tepi Barat) berpusat di Khaundranima, Hyphoress-parsava (Blok Hyphores) berpusat di Pistoria, Planir-khreya-parsava (Blok Dataran Tinggi Khreya-Planir) berpusat di Midde Jenta, dan Pashe Bitar Parsava (Blok Tepi Selatan) berpusat di Naksa.

(Bersambung ke Bagian II)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s