Lalu Lintas Vertikal

Kendaraan patra terbang telah dipakai di kota-kota besar Imperium Tharsis sejak awal federasi itu berdiri. Kendaraan berupa mobil yang dapat melayang di udara ini memadati angkasa kota.namun tanpa polusi.

Otoritas lalu lintas masing-masing kota memberlakukan trafik vertikal. Jadi begini… penduduk kota yang padat tinggal di apartemen-apartemen di gedung-gedung yang tinggi, dan mereka bisa langsung keluar rumah tanpa menuruni lift ke lantai bawah. Mereka memiliki garasi di teras masing-masing apartemen di mana mereka memarkir kendaraan patra mereka, dan kapan pun mereka ingin keluar rumah, mereka bisa langsung naik mobil terbang mereka dan mengambang di jalan raya udara.

Agar lalu lintas tidak kacau, pemerintah membagi kota dalam sepuluh level vertikal. Masing-masing level memiliki arus lalu lintas tersendiri. Katakanlah, seorang oriman tinggal di level 7 gedung A, dan dia akan mengunjungi temannya di distrik lain, di gedung Z level 10. Jadi, yang harus dilakukannya adalah mengendarai mobil terbangnya dari apartemennya di level 7, lalu masuk ke jalur lalu lintas level 7. Di suatu titik akan ada persimpangan vertikal di mana dia bisa mengemudi turun ke level di bawahnya atau naik ke level di atasnya. Jadi, ini seperti beralih jalur di jalan tol namun dalam arah vertikal.

Ketika dia mencapai level 10, dia tinggal mengikuti arus lalu lintas horizontal dan menemukan gedung Z di mana temannya tinggal. Ketika ketemu, dia hanya harus memarkir kendaraanya di depan apartemen temannya, dan ding dong.

Terbayang bagaimana seorang Oriman yang tinggal di kota besar menulis alamatnya? Contohnya begini:

“Ramana Surin (Annum 10), 23, Fatrum Mones, Lantosius-espa.”

Ramana Surin berarti nama blok (gedung), Annum 10 berarti di level 10, 23 berarti apartemen nomor 23. Fatrum Mones adalah distrik kota, dan Lantosius Espa adalah nama kotanya.

Beruntungnya, sistem navigasi patra Tharsis sangat canggih. Kendaraan patra bisa menentukan arah sendiri sehingga risiko tersesat sangat kecil. Ini mirip seperti GPS yang kini ada di bumi.

Kendaraan patra pribadi dilarang terbang di atas level 10 karena akan mengganggu arus lalu lintas patra komersil antarkota dan antarplanet. Muatan kargo diangkut oleh patra khusus di 3 level paling bawah untuk menghindari risiko besar apabila ada muatan yang jatuh.

Jadi, penduduk kota-kota besar di Tharsis tidak pernah menginjak tanah? Benar. Hidup mereka 90 persen ada di gedung-gedung yang tinggi dan udara. Namun ajaibnya, kota-kota Tharsis sangat bersih dan ramah lingkungan. Di puncak setiap gedung ada lahan pertanian mengambang dan ada banyak sekali flyer fotosintesis yang mengekstrak sinar matahari dan mengolahnya menjadi energi yang menghidupkan sistem kota.

Flyer-flyer ini berbentuk kepompong hijau yang ditempatkan di puncak setiap gedung dan akan terbuka ketika pagi hari layaknya kelopak bunga. Ketika jumlah energi harian cukup, flyer akan menutup secara otomatis.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s