Apa yang Dimakan Para Orimãn?

Secara umum, bangsa Orimān tidak memakan daging dan segala hal yang terkait dengan hal itu. Mereka tidak membunuh hewan-hewan dan tidak mengambil telur-telur mereka. Makanan mereka adalah campuran alami dari susu, produk susu, kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Ada ribuan jenis biji-bijian dan buah-buahan yang tumbuh di planet itu, termasuk biji sargas yang manis secara alami. Hutan hujan Euchatelops adalah penghasil buah-buahan hutan terbaik di Origophyta, dan lahan pertanian raksasa dijaga pemerintah di beberapa wilayah dataran rendah di sebelah timur Benua Plantosein dan di barat Alinalikus (Alinakheyya).

Makanan utama para orimān adalah gandum. Mereka menyebut gandum dengan nama walléy, dan itulah sebabnya beberapa suku wallawi di utara memakai nama walléya yang menyatakan kemakmuran. Gandum yang dihasilkan di Federasi Imperium Tharsis memiliki ukuran dan warna bervariasi. Ukuran rata-rata gandum di planet itu adalah sebesar kuku ibu jari orang dewasa sehingga Federasi Imperium Tharsis tidak pernah kekurangan bahan makanan. Gandum berwarna merah dari daratan Rakinca di Pegunungan Pors Janefir, Alinalikus barat sangat digemari oleh para Orimān. Gandum kuning dari Middé Jénta adalah bahan baku makanan seantero Plantosin.

Gandum diolah menjadi berbagai macam kue dan roti, yang menjadi makanan pokok bagi Orimān. Roti chavel adalah roti bundar yang selalu menjadi santapan sehari-hari bangsa Orimān. Selain gandum, mereka memakan produk buah dan susu. Buah verbessa dan mūt adalah buah yang paling disukai. Buah-buah ilopi dan ujuru menjadi ciri khas Kharntheus Olens bagian utara.

Para oriman pada umumnya makan tiga kali hingga empat kali sehari, karena satu hari di planet tersebut setara dengan 28,4 jam di Bumi. Mereka memakan bubur gandum di pagi hari, dan roti gandum padat di siang dan sore hari. Di malam hari, toko-toko buah dan restoran buah menjadi ramai pengunjung. Anemot pytt adalah minuman favorit yang biasa dimakan pada pagi atau malam hari. Para Oriman memakan yogurt pada pagi hari untuk mendinginkan saraf otak mereka, sementara itu, susu diminum pada malam hari untuk meningkatkan kinerja saraf. Oriman tidak makan yogurt pada malam hari karena akan melemahkan sistem saraf mereka. Anemot pytt yang mengandung yogurt dan mentega dihidangkan pada pagi dan siang hari, sementara buah ilopi kering dengan sayuran anemot ungu yang dicampur dengan milkshake beraroma rempah tlalom dari Murbeigiza dihidangkan pada malam hari di pusat-pusat hang out di seluruh penjuru planet.

Kebanyakan rempah berasal dari daerah tropis di Plantosein, sementara kayu-kayuan dan umbi-umbian dihasilkan di Alinalikus bagian tengah dan utara. Akléda mengekspor 30 persen persediaan umbi néjhor (baca: né-hor) bari seluruh penduduk Origophyta. Buah-buah hasil pertanian dihasilkan di Espeser Mandolin dan Tituano. Kadar oksigen yang tinggi di Origophyta membuat ukuran buah-buahan dan dedaunan menjadi lebih lebar dan besar, dan pengaruh dua bulan yakni Iottir dan Phemes membuat rasa sayuran dan buah-buahan menjadi sangat lezat.

Mengenai tumbuhan ajaib walajja yang menghasilkan cairan nektar bernama nirna telah banyak dibahas dalam artikel-artikel sebelumnya. Selain pohon walajja yang ajaib, planet Origophyta juga ditumbuhi rerumputan yang dapat mengeluarkan cahaya sendiri pada malam hari. Rumput-rumput itu dinamakan ayuppar,—terdiri atas banyak spesies seperti essela, baradmū, ragośi, jamur odbaréll dan sebagainya. Ekstrak daunnya dapat digunakan untuk menyembuhkan segala penyakit. Negara-negara di semenanjung Hamun di belahan utara Alinalikus, negara dataran tinggi Saba di bagian selatan Alinalikus, serta separuh negara bagian di blok Planir Khreya Parsava di Plantosein tengah menjadi terang-benderang pada malam hari karena kehadiran rerumputan dan semak yang bercahaya ini. Para oriman memanfaatkannya sebagai makanan yang sangat bergizi.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s