Bagaimana Bentuk Uang di Imperium Tharsis?

Di Bumi, uang logam pada zaman dahulu benar-benar terbuat dari logam-logam mulia seperti emas murni dan perak. Pecahan yang nilainya paling kecil terbuat dari tembaga. Di zaman modern, uang terbuat dari bahan yang murah namun dibuat berdasarkan standar emas. Jika nilai emas naik, maka nilai tukar uang menjadi tinggi, dan mata uang itu menjadi mahal dan berkelas. Semakin banyak suatu negara memiliki cadangan emas, maka semakin kuat nilai mata uangnya. Singkatnya, suatu negara hanya bisa mencetak uang sesuai dengan nilai cadangan emas yang dimilikinya.

Di Planet Origophyta (Federasi Imperium Tharsis), raja memberlakukan dua sistem finansial. Pertama, masyarakat memiliki emas murni yang bisa ditukarkan dengan barang dan jasa. Jadi, ini mirip dengan sistem keuangan pada zaman kerajaan terdahulu. Masyarakat tahu persis berapa nilai emas yang sedang ditukarkannya dengan barang, tidak berupa angka-angka yang tercetak pada logam murah dan kertas. Tidak sulit memperoleh emas di Origophyta sehingga nilainya sangat stabil. Tidak ada istilah pemalsuan uang di Tharsis. Uang emas murni ini dihitung dengan satuan “mir”, singkatan dari “miernum”, bahasa origon tua untuk emas. Kepingan emas dibentuk menjadi koin yang mudah dibawa oleh orang-orang Oriman. Sistem finansial ini banyak berlaku untuk transaksi perdagangan di pedesaan dan dataran yang jauh.

Sistem finansial kedua adalah sistem nilai emas digital. Fungsinya mirip dengan kartu kredit, namun jauh lebih fleksibel dan mudah digunakan. Untuk mendapatkan akses finansial nilai emas ini, para Oriman harus menyimpan sejumlah emas di sebuah bank dan mereka akan mendapatkan nilai keseluruhan emas yang mereka simpan. Nilai ini stabil. Nilai akan muncul dalam bentuk angka dan bisa diakses melalui perangkat mobile yang mereka bawa. Di bumi, sistem ini mulai diterapkan di kota-kota yang maju. Seorang Oriman yang ingin berbelanja hanya perlu men-scan kode bar di perangkat mobile mereka dan penjual akan mengambil poin emas sesuai dengan harga barang atau jasa yang dibeli. Jika seorang Oriman bekerja dan tiba saatnya untuk menerima gaji, mereka akan men-scan kode bar khusus di perusahaan mereka dan mereka akan langsung mendapatkan poin emas sesuai dengan gaji yang seharusnya mereka terima. Poin itu bisa ditukarkan ke bank dan mereka akan mendapatkan emas asli nan murni sesuai dengan nilai poin itu.

Raja Arestrosparta III memberikan kebijakan penyebarluasan sistem pembayaran poin emas ini ke seluruh pelosok planet. Walaupun sistem poin emas ini mirip seperti uang yang digunakan bangsa manusia, perbedaannya adalah poin emas yang ada di perangkat mobile para Oriman benar-benar adalah nilai emas yang mereka miliki, bukan nilai uang yang mereka sipmpan di bank. Jadi, sistem poin emas ini sangat stabil dan tidak terpengaruh oleh kurs apa pun. Sangat sederhana, tetapi canggih.

Para Oriman yang sibuk hanya perlu membawa perangkat mobile dan membayar dengan men-scan kode bar saja. Mereka praktis tidak memiliki emas di rumah, melainkan di bank saja. Oriman yang masuk dalam sistem finansial poin emas digital ini memiliki cadangan emas tidak lagi dalam bentuk koin, namun batangan. Koin-koin mereka dilebur menjadi batangan emas yang permanen. Namun jika mereka ingin menukarkan poin mereka dengan emas murni lagi, dalam waktu sekejap emas batangan itu bisa menjadi koin kembali dengan teknologi canggih.

 

SATUAN UKURAN UANG EMAS

Pecahan uang emas Tharsis memakai satuan “mir”. Satu mir setara dengan 4,5 gram emas. Sepuluh mir sama dengan 1 rad, sepuluh rad sama dengan 1 bani, dan sebagainya. Sebagai perbandingan, harga sepasang sepatu di Tharsis sekitar 5 mir atau 22,5 gram emas, terdiri atas 5 pecahan koin emas 1 mir. Di bumi, emas 22,5 gram jika diuangkan akan menjadi sekitar Rp11.250.000. Namun seorang Oriman akan dengan mudah mengambil 5 keping uang emas 1 mir dari tasnya dan melemparnya ke penjual sepatu sambil berkata, “Terima kasih, sepatunya bagus.”

Semakin nyata bukan, bukti bahwa sistem keuangan modern versi manusia berupa uang kertas dan logam murah ternyata banyak menipu dan merugikan manusia itu sendiri?

 

KASUS PEMALSUAN EMAS

Ketika teknologi semakin canggih, kejahatan juga semakin canggih. Kasus pemalsuan emas mungkin sangat sangat sangat jarang terjadi di bumi, namun di Tharsis ada. Kasus ini marak pada tahun 1600-an Khamrel. Emas murni yang dijadikan koin pecahan mir oleh bangsa Oriman memiliki nilai isotop elektron standar. Ada pihak yang sengaja mengubah timah menjadi emas dengan mendidihkannya dalam cairan hydragirum (air raksa). Timah akan berubah menjadi emas, namun pemerintah Tharsis mengerahkan teknologi Dephron A32, gelombang cahaya supermikro untuk mendeteksi isotop emas palsu dari timah itu. Ada juga teknik lain, yaitu menenggelamkan emas dalam larutan nirna. Nirna tidak bereaksi terhadap emas dan perak murni, namun akan mengubah emas dengan nilai isotop tertentu (yang palsu tadi) atau emas campuran menjadi biru tua. Jadi, orang yang mencoba memalsukan emas tidak akan pernah bisa berhasil karena teknologi Dephron 32 sudah ada di setiap sudut planet. Cukup melihat sekeping koin emas di balik lensa blue sapphire yang terionisasi dan disinari matahari, dan Anda akan bisa membedakan mana emas asli dan mana yang dari timah. Karena pasokan timah dari luar planet mulai menipis sejak pemerintahan Arestrosparta II (karena logam timah hampir tidak ada di Origophyta, dan sangat beracun bagi tubuh Oriman), kasus pemalsuan emas pun akhirnya lenyap karena berisiko tinggi terhadap kehidupan. Seorang Oriman yang terkena timah sama reaksinya dengan seorang manusia yang terkena arsenik.

Iklan

2 Comments Add yours

  1. damae53 berkata:

    Wah, pengetahuan baru yang good banget

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s