Bagaimana Cara Menjadi Sémmit?

 

Di Federasi Imperium Tharsis, oriman-oriman cendekia, para petani yang sukses, penjaga hutan, pengatur DAM, penemu, pendeta-pendeta, administrator pemerintah, kurator museum, penulis ternama, astronot (bukan pekerjaan wah di Tharsis. Siapa pun bisa ke luar angkasa kapan saja mereka mau) dan oriman-oriman berbakat dan pantang menyerah lainnya diseleksi, dinilai dan direkrut oleh pemerintah untuk menjadi sémmit. Sémmit (dalam bahasa tharsis berarti pemandu) adalah mereka yang memiliki tanggung jawab moral dan akademik untuk mendidik generasi muda oriman dalam masa Mu Piññjata (penelusuran minat dan bakat) setelah menamatkan jenjang dasar.

 

Pada usia 5 tahun, Oriman muda dididik dalam etika, moral, baca, tulis dan aritmatika. Pendidikan karakter, cara berbusana, menyanyi, menari, tutur bahasa dan sejarah diajarkan hingga jenjang tahun ketujuh. Pada tahun kedelapan, seorang Oriman boleh mengajukan konsentrasi Mû Piññjata (baca: mu pi-nya-ta) tahap pertama. Mû Piññjata adalah tahap di mana seorang Oriman memilih minat dan bakat mereka dan siap berbaur dalam masyarakat yang kompak dan belajar berdasarkan minat dan bakatnya tersebut. Mû Piññjata kedua diajukan pada usia 15 tahun, dan di akhir usia 18, Oriman sudah memiliki keahlian berdasarkan minat dan bakatnya, serta diakui oleh masyarakat Tharsis melalui otorisasi dewan sémmit.

 

Di sinilah para sémmit bekerja. Anak-anak dan remaja yang ingin belajar teknik mesin antigravitasi akan diajarkan langsung oleh sémmit yang berasal dari pusat aeronautika dan antariksa. Mereka yang senang menulis akan langsung diajarkan oleh penulis terkenal. Mereka yang ingin bertani akan langsung belajar bertani di lahan pertanian Rakiñca atau Naksa dari petani sungguhan yang telah mahir.

 

Jadi, sémmit adalah mereka-mereka yang ahli di bidangnya masing-masing dan mendalaminya dengan sepenuh hati. Sémmit bukan hanya dari golongan sarjana (karena Federasi Imperium Tharsis tidak mengenal istilah sarjana). Para sémmit akan membantu remaja-remaja untuk bergelut di bidang mereka dan berkonsentrasi dalam konseling yang intens selama beberapa tahun. Sémmit memiliki akses ke pemerintah kerajaan dan berhak mengumumkan bahwa seseorang telah mapan dan siap menggunakan keahliannya dalam masyarakat.

 

Masyarakat Federasi mempercayai para sémmit sebagai pendidik, namun dalam kancah birokrasi, para sémmit tidak memiliki kedudukan politik (kecuali sémmit bidang politik dan tata negara). Kedudukan mereka bersifat kultural.

 

Jadi, seluruh pelosok planet Origophyta adalah kampus-kampus raksasa bagi generasi mudanya, dan dosen-dosen mereka adalah para sémmit yang bertebaran di sekujur planet, dengan keahlian mereka yang beraneka ragam dan pengalaman mereka yang kaya.

 

Pemerintah memiliki kiteria bagi siapa saja yang layak menjadi sémmit. Oriman tidak boleh mengajukan diri sebagai sémmit karena pemerintah kerajaan memiliki wewenang penuh untuk melantik sémmit. Para sémmit digolongkan dalam strata ganimãnn melalui sebuah upacaa pelantikan dengan penyerahan tongkat kayu walajja dan lencana bunga elsafar perak, namun sémmit yang berasal dari klan wallawi tidak disahkan lagi oleh raja sebagai ganimãnn.

 

Kehidupan para sémmit dijamin sepenuhnya oleh kerajaan hingga tiga keturunan mereka. Sémmit adalah mereka yang mewakili peradaban bangsa Oriman di kancah interplanetary relations, dan mewakili sikap, pola pikir dan peradaban Imperium Tharsis.

 

Seorang sémmit diberi gelar “asémnã” di depan namanya. Pemerintah kerajaan memiliki hak otoritatif untuk menentukan sémmit melalui badan riset negara dan lembaga intelijen. Jadi, jangan pernah berharap menjadi seorang sémmit di Imperium Tharsis jika kita tidak konsentrasi dalam minat dan bakat masing-masing… bukan seperti rekrutmen PNS.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s